AdminKo
AdminKo adalah software untuk administrasi umum toko seperti : pencatatan stok barang, pencatatan transaksi penjualan dan pembelian, serta pemantauan hutang dan piutang. Dengan software ini dapat dengan mudah diketahui stok barang setiap saat, jumlah pembelian dan penjualan setiap harinya, jumlah hutang ke pemasok atau jumlah piutang dari pelanggan serta apakah hutang / piutang tersebut telah jatuh tempo.

AdminKo 2.11


AdminKo versi 2.11 dirancang khusus untuk toko sparepart, sesuai untuk toko kecil maupun sedang, dimana biasanya cukup diperlukan sebuah komputer untuk melakukan pencatatan transaksi sehari-harinya.

Ada 2 macam AdminKo 2.11 yaitu : AdminKo 2.11S untuk toko sparepart mobil, motor atau alat berat dan AdminKo 2.11H untuk toko sparepart handphone.


AdminKo mudah pengoperasiaannya dan tidak rumit, selalu memvalidasi data yang diketikkan pengguna sebelum disimpan untuk meminimalisasikan kesalahan pengetikan data sehingga dapat dengan mudah dioperasikan pengguna komputer biasa. AdminKo dilengkapi dengan laporan-laporan yang memungkinkan kita untuk mengetahui total penjualan atau pembelian untuk barang tertentu setiap hari atau bulannya, total pembelian dari pelanggan tertentu atau pembelian  dari pemasok tertentu per bulannya, penjualan barang apa paling banyak untuk bulan tertentu, jumlah barang keluar dan masuk tiap bulannya, serta laporan-laporan lain yang dapat digunakan untuk menentukan strategi bisnis yang tepat untuk pengembangan toko.

Terdapat dua jenis Edisi AdminKo versi 2.11 yaitu Edisi Freeware dan Edisi Standard.

AdminKo Edisi Freeware dapat diunduh GRATIS dan mempunyai fitur sama seperti AdminKo Edisi Standard, tidak ada pembatasan waktu ataupun jumlah datanya, dapat langsung digunakan tanpa perlu proses registrasi.


Menginstall AdminKo

AdminKo dapat dijalankan pada Windows XP, Windows 7 atau Windows 8. Setelah diunduh, ekstrak berkas AdminKo.zip tersebut ke suatu folder tersendiri. Selesai diekstrak AdminKo telah siap untuk digunakan, tidak diperlukan untuk melakukan proses Setup atau Setting apapun. Untuk menjalankannya, klik ganda pada berkas AdminKo.exe .

Sebelum memulai menjalankan AdminKo sebaiknya Anda membaca dahulu Petunjuk pengoperasiannya dengan mengklik-ganda berkas AdminKo.chm, terutama pada topik Pertama kali menggunakan dimana disitu dijelaskan bagaimana untuk Login ke database demo.

Catatan :
Ketika membuka berkas Petunjuk, bila muncul jendela Security Warning seperti gambar berikut :



Klik pada kotak didepan Always ask before opening this file untuk menghapus tanda centang. Kemudian klik tombol Open. Bila tanda centang tidak dihapus maka Petunjuk tidak akan menampilkan informasi apapun (kosong).
Berpindah ke AdminKo Edisi Standard

AdminKo Edisi Freeware dan AdminKo Edisi Standard mempunyai strukter database yang sama sehingga tidak perlu lagi mengetik ulang data bila ingin berpindah dari edisi Freeware ke edisi Standard, cukup dengan merestore database lama (Edisi Freeware) ke AdminKo Edisi Standard maka semua data akan dapat langsung  digunakan. 
Innotronics Center, 2013