PriceDev

PriceDev sebagai Price Checker

PriceDev adalah perangkat elektronik untuk menampilkan harga barang dengan cara memindai (scan) barcode yang ada pada kemasan barang tersebut.

Sebagai perangkat penampil harga dengan ukuran yang hanya 25 x 20 x 10 cm, PriceDev tidak saja cocok digunakan untuk toko swalayan seperti supermarket, department store, sebagai Price Checker dimana pembeli dapat memindai sendiri barang yang ingin diketahui harganya, tetapi juga  sesuai untuk toko ritel lainnya seperti toko sparepart mobil / motor, toko alat-alat teknik, yaitu sebagai Electronic Pricelist yang akan mempercepat pencarian harga suatu barang, tanpa perlu lagi membuka-buka buku Pricelist yang sangat tebal.

Selain fungsinya sebagai pemeriksa harga, PriceDev juga dapat berfungsi sebagai media promosi karena PriceDev  akan menampilkan pesan (message) promosi pada saat tidak digunakan memindai. Pesan yang ditampilkan bisa pesan yang bergerak dari kanan ke kiri atau pesan yang muncul secara bergantian per baris.

Bekerja secara Offline atau Online

PriceDev dapat diset untuk bekerja secara Offline atau Online.

Bila diset Offline, PriceDev akan mencari data yang diperlukan dalam databasenya sendiri yang tersimpan dalam Kartu Memorinya, tanpa perlu lagi terhubung dengan Database Sumber. Database Sumber adalah database toko dimana datanya digunakan oleh PriceDev, seperti database Sistem POS (Point Of Sales) atau database Inventori atau bahkan berkas Microsoft Excell.

Sebuah komputer diperlukan hanya ketika mentransfer data dari Database Sumber ke database PriceDev atau ketika mengubah data dalam database PriceDev. Ketika digunakan PriceDev tidak perlu lagi terhubung dengan Database Sumber-nya, hal ini membuat PriceDev dapat dipindah-pindahkan penempatannya sesuai kebutuhan.

Bila diset Online, PriceDev mendapatkan data yang dicarinya melalui Server-nya yaitu PDServer. PDServer adalah program yang dijalankan dalam suatu komputer (sebagai Windows Service) untuk melayani permintaan data yang diperlukan PriceDev, PDServer inilah yang akan mengakses Database Sumber untuk mencari data yang diperlukan PriceDev. Ketika digunakan PriceDev harus tetap terhubung dengan komputer dimana Server-nya dijalankan.

Baik diset Offline ataupun Online, tidak diperlukan mengetikkan data ataupun membuat program sedikitpun agar PriceDev dapat berkerja sebagai Price Checker. Dengan menggunakan program pengendali yang disediakan, semua proses pengaturan PriceDev seperti merubah setting PriceDev,  mengisi / mengubah database PriceDev atau mengubah pesan promosi dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Penggunaan lain PriceDev

Sebagai perangkat penampil data, PriceDev dapat diaplikasikan untuk digunakan dilain lingkungan selain toko seperti sebagai pendisplay nilai ujian siswa, pendaftaran pada sistem antrian untuk pasien, ticketing, access control dll.

PriceDev menggunakan barcode sebagai media pemasukan datanya.   Penggunaan barcode dalam kartu identitas (identity card) atau kartu anggota (member card) mempunyai kelebihan dibandingkan sistem lain seperti Magnetic stripe atau RFID, karena pencetakan barcode cepat dan mudah dilakukan sehingga  kartu dapat selesai dibuat pada saat pendaftaran dilakukan tanpa perlu lagi menunggu beberapa jam atau hari.

Untuk informasi teknis lebih lanjut hubungi kami melalui e-mail ke : innotron8@gmail.com







Innotronics Center, 2013